IKUTIN 4 TIPS MENJAGA MAKANAN AGAR TETAP SEHAT, SEHINGGA TERHINDAR DARI PENYAKIT AKIBAT MAKANAN


Tips Menjaga Makanan Tetap Sehat, Untuk Menghindari Penyakit bawaan makanan

edukasimateri.blogspot.com - Tips menjaga makanan tetap sehat, untuk menghindari penyakit bawaan makanan. Halo sahabat semua, jika berbicara tentang kesehatan tidak ada kata untuk berhanti, karena kesehatan adalah sesuatu yang penting dan membutuhkan perhatian yang lebih dari kita. Artikel kali ini akan membahas tentang cara menjegah makanan agar terhindar dari penyakit bawaan makanan. 
 
IKUTIN 4 TIPS MENJAGA MAKANAN AGAR TETAP SEHAT, SEHINGGA TERHINDAR DARI PENYAKIT AKIBAT MAKANAN
menjaga suhu makanan




Makan makanan sehat akan membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi bagaimana jika makanan itu sendiri membuat Anda sakit? Penyakit bawaan makanan dapat menyebabkan keracunan makanan dan berbagai penyakit lain yang lebih berbahaya, sehingga merupakan ancaman nyata bagi tubuh kita. Untungnya, ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit bawaan makanan.
Berikut ini tips keamanan saat menangani, menyiapkan, dan menyimpan makanan sangat penting :

1. Perhatikan suku makanan pada saat masak

IKUTIN 4 TIPS MENJAGA MAKANAN AGAR TETAP SEHAT, SEHINGGA TERHINDAR DARI PENYAKIT AKIBAT MAKANAN
mengatur suhu saat memasak


Anda harus memperhatikan suhu makanan Anda. Saat memasak daging, pastikan untuk menggunakan termometer untuk memastikan daging Anda mencapai suhu yang tepat di dalam. Beberapa daging, seperti daging sapi, dapat disajikan langka dengan aman, tetapi suhu yang tepat sangat penting. Ini membunuh semua bakteri yang mungkin tumbuh pada daging. Dalam kasus burger dan daging roti lainnya yang telah ditumbuk dan dibentuk menjadi roti, Anda tidak boleh makan makanan langka. Bakteri kemudian dengan mudah ditemukan di dalam daging maupun di luar, dan Anda berisiko jika Anda tidak memasak daging ini untuk jangka waktu yang lama untuk membunuh bakteri.

2. Memonitor suhu makanan yang sudah matang panas dan dingin

IKUTIN 4 TIPS MENJAGA MAKANAN AGAR TETAP SEHAT, SEHINGGA TERHINDAR DARI PENYAKIT AKIBAT MAKANAN
memonitor suhu makanan

Setelah makanan Anda matang, Anda harus terus memonitor suhu. Sederhananya, menjaga makanan panas dan dingin makanan dingin. Makanan panas harus disimpan pada suhu di atas 140 derajat Fahrenheit, sedangkan makanan dingin harus disimpan pada suhu di bawah 40 derajat Fahrenheit. Kisaran antara itulah tempat bakteri bisa tumbuh. Saat membiarkan makanan dingin untuk pendinginan, letakkan di kulkas setelah tidak lebih dari dua jam, dan saat mencairkan makanan, lakukan dalam mangkuk atau wajan di lemari es, daripada pada suhu kamar.

3. Hindari Kontaminasi Silang

IKUTIN 4 TIPS MENJAGA MAKANAN AGAR TETAP SEHAT, SEHINGGA TERHINDAR DARI PENYAKIT AKIBAT MAKANAN
hindari kontaminasi silang

Kontaminasi silang adalah penyebab besar ketika Anda khawatir mencegah penyakit dan makanan Anda. Kontaminasi silang pada dasarnya adalah perpindahan bakteri dari satu cawan ke cawan lainnya. Ini terjadi ketika Anda menggunakan talenan yang kotor, tidak ingin piring Anda dengan benar, dan menggunakan peralatan yang sama untuk semua makanan Anda. Jika Anda menggunakan, misalnya, pisau untuk memotong ayam mentah dan kemudian menggunakan pisau yang sama untuk memotong makanan Anda setelah dimasak, beberapa bakteri dari ayam mentah mungkin masih tertinggal di pisau, yang dapat membuat Anda sangat sakit. . Pastikan Anda menggunakan ruang kerja yang bersih dan peralatan bersih setiap kali Anda memasak.

4. Mencuci tangan secara teratur

IKUTIN 4 TIPS MENJAGA MAKANAN AGAR TETAP SEHAT, SEHINGGA TERHINDAR DARI PENYAKIT AKIBAT MAKANAN
mencuci tangan


Seiring dengan menggunakan lingkungan yang bersih, Anda harus memastikan bahwa Anda mencuci tangan secara teratur. Setiap kali Anda menyentuh makanan mentah, Anda harus menggunakan sabun tangan dan air panas disinfektan untuk memastikan tidak ada bakteri yang tersisa di tangan Anda. Memastikan bahwa makanan Anda aman adalah salah satu bagian terpenting dari makan sehat, jadi jangan abaikan langkah ini saat berikutnya Anda menyiapkan makanan.

Semoga tips diatas dapat membantu sahabat semua dalam memperlakukan makanan mulai dari bahan mentah menjadi masakan yang matang dan menjaga makanan tetap sehat sehingga terhindari dari penyakit akibat dari makanan.

baca juga :
INGIN TUBUH SEHAT, IKUTIN 4 TIPS MENJALANI POLA MAKAN YANG SEHAT
MAKANAN YANG SEHAT UNTUK ANAK SEKOLAH
4 TIPS MEMBUAT MAKANAN SEHAT YANG MENARIK UNTUK ANAK

Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »