Mengobati Sariawan

Mengobati Sariawan

edukasimateri - mengobati sariawan, Hallo sahabat semua, apa kabarnya hari ini, mari kita mulai hari ini dengan membaca artikel yang bermanfaat. Dalam postingan kali ini kami akan membahas tentang tips atau cara mengobati sariawan. 


Mengobati Sariawan
Mengobati sariawan

Penyakit sariawan sering terjadi pada kita baik anak bayi maupun orang dewasa. Penyakit sariawan terutama dibagian mulut akan menurunkan nafsu makan kita, sehingga dapat menurunkan berat badan kita. Penurunan berat badan ini bukannya baik sahabat semua, tapi malah merrugikan tubuh kita, karena tubuh kita menjadi kurang nutrisi akibat dari si penderita yang tidak nafsu makan. Penyebab Sariawan di mulut macam-macam sahabat semua, ada yang karena stress, pola makan yang tidak baik seperti kebanyakan makan-makanan yang pedas, atau panas, bisa juga karena kita kurang vitamin C atau terluka pada saat kita menggosok gigi.

Oleh karena itu sahabat semua kita akan sedikit memberikan tips-tips cara mengobati sariawan terutama dibagian mulut, diantaranya :

1. Banyak makan-makanan yang mengandung vitamin C atau mengkonsumsi vitamin C
    Studi menunjukkan sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kurang vitamin B. Vitamin C, zat besi dan asam folat yang juga berperan dalam mencegah dan penyembuhan sariawan. Dengan memperbanyak makan-makanan yang mengandung vitamin C makan akan membantu kita dalam proses mengobati sariawan serta mencegah sariawan timbul lagi.

Mengobati Sariawan
vitamin C

     Bagi penderita yang mempunyali lambung yang lemah atau tidak kuat dalam menerima vitamin C dalam jumlah banyak sebaiknya hindari meminum vitamin C yang mempunyai dozis tinggi. Karena jika kita tetap mengkonsumsinya maka bukannya kita sembuh dari penyakit tapi malah akan menimbulkan penyakit yang lain.

2.  Berkumur dengan air garam


Mengobati Sariawan
air garam

    Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.


3. Berkumur atau Oles dengan obat kumur

Mengobati Sariawan
obat

     Sekarang ini obat sariawan di pasaran mempunyai berbagai macam merek dan model, ada yang dipakai dengan cara berkumur, ada juga dengan cara di oles. Obat ini dapat menghindarkan lesi dan infeksi sehingga proses penyembuhannya akan cepat. Sebaiknya usahakan obat yang digunakan di dapat dari resep dokter, agar kita tidak salah dalam pemilihan obat.


4. Makan-makanan yang lunak

Mengobati Sariawan
makanan lunak

     Dengan memakan makanan yang lunak maka akan mengurangi ketidaknyamanan dalm mengkonsumsi makanan sehingga asupan gizi tubuh terpenuhi dan mempercepat proses penyembuhan. Makanan yang lunak juga dapat menghindarkan kita dari luka sariawan yang lebih parah lagi.


5. Mengkonsumsi yogurt

Mengobati Sariawan
yogurt
 
  Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup. Acidophilus adalah bakteri baik yang biasanya ada pada obat herbal.

Nah demikian sahabat sedikit tips untuk mengobati sariawan, semoga bermanfaat bagi sahabat semua, apabila sariawan Anda tidak sembuh-sembuh segeralah periksakan ke dokter sebelum penyakit menjadi lebih parah.

baca juga :
Mengurangi Gula Darah
Penyebab Stress


Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »