Ciri-ciri Anak Hiperaktif

Ciri-ciri Anak Hiperaktif

edukasimateri - ciri - ciri anak hiperaktif, Halo sahabat semua, postingan kali ini kami akan membahas tentang anak yang hiperaktif. Sebelumnya kita perlu mengetahui apa itu istilah anak yang hiperaktif? Hiperaktif adalah gangguan tingkah laku yang tidak normal, disebabkan disfungsi neurologist dengan gejala utama tidak mampu memusatkan perhatian, dengan kata lain anak yang hiperaktif adalah anak yang mengalami ganguan pemusatan perhatian.


Ciri-ciri Anak Hiperaktif
Ciri-ciri Anak Hiperaktif


Seperti yang orang tua alami, terkadang anak bertingkah laku melebihi dari tingkah laku anak pada umunya. Orang tua yang kurang sabar pasti langsung mengatakan bahwa anak tersebut nakal. Untuk para orang tua, jangan mudah mengatakan bahwa anak itu nakal, hati-hati dengan kata-kata Anda. Karena anak-anak usia dini cenderung memiliki memori yang tajam, sehingga kata-kata tersebut dapat mengganggu psikologi mereka.

Untuk para orang tua, agar kita tidak salah dalam memahami anak kita, seringlah kita menambah ilmu pengetahuan tentang perkembangan anak, salah satunya kita perlu mengetahui ciri-ciri anak yang hiperaktif. Ciri-ciri anak yang hiperaktif diantaranya :

1. Mudah terganggu oleh suara-suara yang ada didekatnya

Ciri-ciri Anak Hiperaktif
terganggu suara
     Anak yang hiperaktif cenderung lebih sensitif dalam mendengar suara. Jika dia mendengar suara yang tidak disukai, biasanya anak tersebut akan marah dan teriak-teriak.

2. Tidak fokus atau perhatiannya mudah teralihkan

Ciri-ciri Anak Hiperaktif
tidak fokus
     Anak tersebut cederung tidak dapat memperhatikan atau mengikuti petunjuk, menyelesaikan mendetail bahkan rentan terhapap kesalahan.

3. Tidak dapat menyelesikan satu aktivitas sebelum pindah ke aktivtas lainnya

Ciri-ciri Anak Hiperaktif
tidak menyelesaikan aktifikat
    Karena perhatian anak hiperakti mudah teralihkan, membuat mereka tidak dapat menyelesaikan satu aktifitas. Mereka cenderung mudah jenuh dan berganti ke aktifitas yang lainnya.

4. Memiliki sikap penentang/atau tidak mudah di nasehati

Ciri-ciri Anak Hiperaktif
penentang
     Anak yang hiperaktif cenderung susah untuk di nasehati, apabila di nasehati mereka akan memberontak. Tidak mau menerima apa yang dikatakan oleh orang tua, terutama jika orang tuanya menasehati dengan kata-kata yang keras.

5. Tidak sabaran dan usil

Ciri-ciri Anak Hiperaktif
Tidak sabaran / usil
     Anak dengan kondisi seperti ini cenderung tidak sabaran dan usil. Mereka suka mengganggu temannya dan tidak sabaran menunggu antrean. Selain itu anak tersebut juga suka meninggalkan tempat duduk mereka di kelas pada waktu yang tidak tepa, berkeliaran di ruang kelas, di toko atau pada waktu lain yang tidak tepat. Terkadang juga mereka bicara secara berlebihan dan omong kosong.

6. Kecerdasannya dibawah kecerdasan anak-anak normal

Ciri-ciri Anak Hiperaktif
Kecerdasan dibawah anak nnormal
     Dalam segi akademis mereka tidak optimal karena mengalami kesulitan dalam belajar dan rawan kehilangan atau melupakan hal-hal, seperti tugas sekolah atau buku.

7. Perilakunya bersifat merusak dan tidak kenal lelah

Ciri-ciri Anak Hiperaktif
tidak kenal lelah
     Anak-anak yang hiperaktif mempunyai perilaku yang bersifat merusak, apabila mereka merasa terganggu, mereka akan marah dengan cara melempar barang-barang yang ada di dekatnya. Selain itu anak tersebut juga tidak kenal lelah dan mempunyai aktifitas yang tidak mempunyai tujuan yang jelas.

Nah sampai disini dulu sahabat pencelasan tentang ciri-ciri anak yang hiperaktif, semoga bermanfaat bagi sahabat, terutama orang tua. Untuk para orang tua jangan langsung membenci anak jika anak tersebut hiperaktif, karena hanya orang tualah yang bisa mengajari mereka menjadi anak yang lebih baik.

baca juga :

Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »