Haid Tidak Teratur

Haid Tidak Teratur

edukasimateri - haid tidak teratur, Salam sahabat semua, dalam postingan kali ini kita akan membahas tentang masalah yang sering dihadapain oleh kaum hawa. Pasti kalian sering dengar dari sahabat-sahabat cewek kalian tentang problem yang satu ini. Apalagi kalau bukan masalah haid, entah itu haid yang tidak teratur, rasa sakit sebelum datang haid ataupun rasa sakit ketika haid berlangsung.
Sebagian kaum hawa pernah merasakan problema tersebut. Bahkan karena masalah haid, ada pula sebagian dari mereka yang perlu untuk konsultasi ke dokter. Dalam postingan kali ini kita akan membahas tentang haid yang tidak teratur. Jika siklus haid yang datang tidak teratur, biasanya kaum hawa akan khawatir dan bertanya-tanya, apa sich sebenarnya yang terjadi dengan tubuh saya sehingga haid datang tidak teratur. Berikut ini sedikit penjelasan tentang apa saja penyebab dari haid yang tidak teratur.

Haid Tidak Teratur
Haid tidak teratur


1. Ketidakseimbangan Hormon

    Keseimbangan hormon sangat terkait dengan makanan yang kita makan, latihan yang kita dapatkan, racun yang kita serap, bobot yang kita bawa dan tingkat stress yang kita hadapi. Beberapa faktor ini mempengaruhi gambaran hormon secara keseluruhan sangatlah penting, terutama pada usia paruh baya ketika sebagian besar produksi hormon diambil alih oleh kelenjar adrenal.Orang yang berat badannya berlebih atau obesitas cenderung mempunyai hormon yang tidak seimbang sehingga dapat menggagu jalannya siklus haid.

Haid Tidak Teratur
hormon tidak seimbang

2.Stress

    Keadaan emosi yang tidak stabil, dalam hal ini emosi yang sering naik turun atau terlalu stress, dapat  menggangu metabolisme dalam tubuh. Metabolisme yang tidak lancar ini, dapat mengganggu jalannya siklus haid. Oleh karena itu, kadang kita mendengar sahabat kita bilang haidnya datang terlambat atau datang terlalu cepat.

Haid Tidak Teratur
Stress


3. Menopause

    Ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progresteron di mana tingkat hormon estrogen lebih tinggi daripada progesteron. Dapat juga mengakibatkan haid tidak teratur. Hal ini bisa terjadi pada saat menjelang menopause. Wanita yang menjelang menopause cenderung mengalami siklus haid yang tidak teratur.

Haid Tidak Teratur


4. Sindrom Ovarium Polikistik / PCOS
    PCOS adalah kelainan yang diakibatkan oleh kadar hormon tertentu yang tidak normal. Penyebanya belum diketahui secara pasti, penelitian menduga bahwa penyebabny adalah karena faktor genetik. Banyak wanita penderita PCOS menderita diabetes, karena tubuh memproduksi terlalu banyak  insulin atau insulin yang dihasilkan tidak bekerja dengan benar. Hormon insulin yang terlalu berlebihan dapat merangsang hormon-hormon dari ovarium untuk memproduksi kadar hormon androgen yang lebih tinggi.
     Dalam ovarium polikistik, sel telur tidak dapat dilepaskan, karena telur tidak dilepaskan membuat kadar progesteron terlalu rendah dan kadar androgen dan estrogen terlalu tinggi. Hal ini mengakibatkan periode haid tidak teratur.

Haid Tidak Teratur
PCOS - www.mayoclinic.org

Baca juga
ciri - ciri penderita PCOS
Menangani dan Mencegah PCOS

Demikianlah sahabat sedikit ulasan tentang penyebab haid tidak teratur, yang terpenting jika kalian mengalami siklus haid tidak teratur segeralah periksakan ke dokter. Jangan dianggap sepele, karena kita tidak tahu masalah tersebut berbahaya atau tidak bagi tubuh kita.

Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
23 Februari 2018 pukul 17.21 delete

makasih infonya ya sist..bermanfaat buat aku bgt di tunggu artikel lainnya yaa..

Reply
avatar