MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN

Mengatasi Anak Susah Makan

edukasimateri - mengatasi anak susah makan, Halo sahabat semua artikel kali ini masih berhubungan tentang anak. Seperti yang sering orang tua alami, Anak - anak terkadang susah untuk disuruh makan. Banyak sekali alasan mereka untuk menolak makan, ada yang bilang mau main dulu, ga mau makan sayur, atau anak-anak lebih suka makan snack. Tentunya hal tersebut membuat khawatir orang tua karena anak-anak bisa kekurangan gizi dalam perkembangannya.

Mengatasi Anak Susah Makan
anak susah makan


Anak yang kurang gizi akan berdampak pada tubuhnya, ada yang terkena penyakit, daya pikir anak yang rendah, pertumbuhan badan yang terlambat atau bahkan gizi buruk. Kalu sudah sampai gizi buruk, maka kehidupan anak akan suram karena mereka tidak mempunyai tenaga dan semngat untuk hidup. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi anak-anak yang susah untuk makan : 

1. Mengajarkan anak cara makan yang benar


Mengatasi Anak Susah Makan
cara makan yang benar

Mengajarkan cara makan anak Anda bisa dimulai segera setelah ia mulai makan makanan padat. Jadi apakah dia masih di kursi tinggi atau telah lulus ke kursi besar anak di meja makan keluarga, tidak pernah terlalu dini untuk menanamkan kebiasaan baik. Misalnya, meskipun waktu makan adalah pengalaman sosial, mengajar anak Anda untuk tidak berbicara ketika dia memiliki makanan di mulutnya bukan hanya sopan santun, tetapi juga dapat mencegah tersedak atau tersedak.

2. Jauhkan anak - anak dari makanan olahan
 
Makanan olahan atau semua makanan yang dikemas dan cepat harus dijauhkan dari anak-anak terutama pada anak yang mempunyai masalah pencernaan. Makanan-makanan ini cenderung mengandung banyak zat berbahaya seperti lemak trans dan pengawet yang dapat mengganggu pencernaan. Karena banyak dari zat-zat ini tidak alami, tubuh kita tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan mereka, dan ini memperumit pencernaan. 

Mengatasi Anak Susah Makan
makanan olahan
 
Selain itu, makanan olahan mengandung sangat sedikit nutrisi dan akan menghabiskan nutrisi tubuh saat dicerna. Ini pada gilirannya akan menciptakan kekurangan nutrisi yang akan merusak pencernaan di masa depan. Anak-anak dengan masalah pencernaan harus berpegang pada makanan utuh yang alami yang dapat dikenali oleh tubuh dan dapat digunakan dengan mudah.


Dengan kita menjauhkan atau tidak mengenalkan kepada anak-anak makanan olahan maka mereka akan lebih sering mengkonsumsi makanan yang orang tua buat tentunya makanan tersebut harus bernutrisi tinggi. 

3.  Membuat makanan dengan menu yang bervariasi

Mengatasi Anak Susah Makan
variasi makanan





Orang tua harus lebih kreatif dalam membuat menu makanan untuk anak-anak, agar mereka tertarik untuk mencicipinya. Bentuk makanan yang menarik akan merangsang anak untuk mau memakannya, sebagai contohnya jika anak kita susah untuk makan sayur, maka kita bisa mengolah sayur itu dicampur dengan puding agar anak-anak lebih tertarik.Warna makanan yang menarik juga bisa menarik perhatian anak-anak, karena anak-anak cenderung suka makanan yang manis dengan tampilan warna yang menarik.


Mengatasi Anak Susah Makan
puding buah




4. Memperhatikan makanan yang disukai anak

Mengatasi Anak Susah Makan
makanan kesukaan anak



Ada beberapa anak yang mempunyai indera perasa yang sensitif, oleh karena itu orang tua harus memperhatikan makanan apa yang disukai oleh anak kita. Hindari menjadi juru masak singkat dan menyiapkan makanan khusus untuk anak Anda. Tetapi pastikan bahwa setiap kali makan, ada sesuatu yang dia tahu dan suka di atas piring. Juga beri dia apa makanan dalam porsi kecil. Seiring waktu, pilihan-pilihan ini akan menjadi seperti yang disukai dan akrab seperti makanan-makanan favoritnya.


5. Sajikan sajian kecil dalam makan malam anak anda

Mengatasi Anak Susah Makan
camilan

Misalnya daja satu kue atau muffin kecil. Ya, dia mungkin memakannya dulu atau dia hanya makan itu saja. Tidak apa-apa. Seiring waktu, anak Anda akan melihat bahwa permen adalah bagian dari makanan, tetapi bukan satu-satunya bagian. Dia akan lapar untuk makanan lain. Segera, Anda bahkan mungkin menemukan bahwa ia meninggalkan sisi manis di samping memilih untuk makan makanan yang lebih sehat terlebih dahulu.

6. Quality time dengan anak

Mengatasi Anak Susah Makan
memasak bersama anak

Ajaklah anak-anak anda terlibat dalam memasak, karena hal tersebut akan meningkatkan minat mereka terhadap makanan, dan mereka lebih mungkin untuk makan- makanan yang telah mereka siapkan. Kebersamaan Anda dengan anak ketika memasak akan membuat mereka lebih menghargai  makanan yang mereka buat karena mereka membuatnya dengan gembira.

 
Mengatasi Anak Susah Makan
menemani anak makan


Selain itu jangan sering menyuapi anak, cukup temani saja mereka makan agar mereka berlatih bertanggung jawab terhadap makananya.

Demikianlah 6 cara mengatasi anak yang susah makan, semoga bermanfaat bagi kalian semua, jika diperlukan silahkan sahabat berkonsultasi dengan ahli gizi mengenai malasah tersebut. 

baca juga :
Mengatasi Anak Yang Hiperaktif
Ciri - ciri Anak Hiperaktif
Mengurangi Gula Darah
Kecerdasan Otak
Penyebab Stress







Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »