Kecerdasan Otak

Kecerdasan Otak

edukasimateri - kecerdasan otak, Halo sahabat semua, postingan kali ini kita akan membahas tentang kecerdasaan yang dimiliki oleh otak kita. Dengan mengenal kecerdasan yang dimiliki oleh otak, akan membantu orang tua dalam mendidik putra-putrinya sejak dini. Orang tua akan memahami kecerdasan otak bagian mana yang lebih dominan dengan anak kita. Tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang malas dan tidak mau berusaha.

Kecerdasan Otak
kecerdasan otak


Anak yang lahir ke dunia ini ibaratnya kertas putih, terserah orang tua mau menulisinya dengan tulisan yang seperti apa. Perkembangan kepribadian dan kecerdasan mereka tergantung pada bagaimana orang tua menulisi kertas tersebut. Oleh karena itu, berikut ini kami akan mengulas tentang 8 kecerdasan yang dimiliki oleh otak, diantaranya sebagai berikut :

1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan Otak
kecerdasan linguistik

     Kecerdasan linguistik adalah kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif. Anak yang memiliki kecerdasan dalam hal linguistik lebih pandai dalam hal berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis. Dalam kehidupan sehari-hari kecerdasan linguistik dapat kita temukan pada profesi orator, pelawak, selebriti atau politisi. 

2. Kecerdasan Logis - Matematis

Kecerdasan Otak
keceradan logis matematis

      Kecerdasan logis-matematis melibatkan keterampilan mengolah angka atau kemahiran menggunakan logika dan akal sehat. Anak yang memiliki kecerdasan dalam hal logis - matematis lebih pandai dalam pelajaran berhitung. Dalam kehidupan sehari-hari kecerdasan logis matematis dapat kita temukan pada profesi akuntan pajak, pemograman komputer, atau ahli matematika.

3. Kecerdasan Spasial

Kecerdasan Otak
kecerdasan spacial

       
  Kecerdasan spasial adalah kecerdasan gambar dan visualisasi. Anak yang memiliki kecerdasan ini cenderung lebih pandai dalam pelajaran yang membutuhkan kemampuan untuk memvisualisasikan gambar. Kita membutuhkan kecerdasan ini dalam segala hal, mulai dari menghias rumah atau menikmati suatu karya seni. Dalam kehidupan sehari-hari kecerdasan spasial dapat kita temukan pada profesi pelukis, desaigner, dll.

4. Kecerdasan Kinestetik - Jasmani


Kecerdasan Otak
kecerdasan kinestetik


    Kecerdasan kinestetik adalah kecerdasan yang melibatkan keterampilan dalam hal gerak tubuh. Anak yang memiliki kecerdasan ini cenderung lebih aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan fisik. Dalam kehidupan sehari-hari kecerdasan kinestetik - Jasmani dapat kita temukan pada profesi atlet atau ahli bedah.

5. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan Otak
kecerdasan musikal

     Kecerdasan musikal melibatkan kemampuan menyanyikan sebuah lagu, mengingat melodi musik, mempunyai kepekaan akan irama, atau sekedar menikmati musik. Anak yang memiliki kecerdasan ini cenderung lebih mudah cepat belajar sambil mendengarkan musik. Dalam kehidupan sehari-hari kecerdasan musikal dapat kita temukan pada profesi penyanyi, pemusik, teknisi suara, dll.

6. Kecerdasan Antarpribadi

Kecerdasan Otak
kecerdasan antarpribadi

     Kecerdasan antarpribadi melibatkan kemampuan untuk memahami dan bekerja dengan orang lain. Anak yang mempunyai kecerdasan antarpribadi memiliki kemampuan berempati pada orang lain, kemampuan berteman dan kemampuan yang melibatkan interaksi dengan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari kecerdasan antarpribadi dapat kita temukan pada profesi negosiator.

7. Kecerdasan Intrapribadi

Kecerdasan Otak
kecerdasan intrapribadi

     Kecerdasan Intrapribadi adalah kecerdasan memahami diri sendiri, kecerdasan mengetahui siapa diri anda sebenarnya. Ini adalah kecerdasan mengetahui apa kekuatan Anda dan kelemahan Anda. Kecerdasan ini adalah kecerdasan yang penting bagi wirausaha dan individu independen lain yang harus memiliki persyaratan disiplin diri, keyakinan, dan pengetahuan diri untuk bisa memasuki bidang atau bisnis baru.

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan Otak
kecerdasan naturalis

     Kecerdasan naturalis melibatkan kemampuan mengenali bentuk-bentuk alam di sekitar kita : burung, bunga, pohon, hewan dan fauna serta flora lain. Anak yang mempunyai kecerdasan natural cenderung  lebih suka dengan alam. Dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan kecerdasan ini ketika berkebun, berkemah dengan teman atau keluarga. Kecerdasan ini dibutuhkan dalam profesi ahli biologi, penjaga hutan, dokter hewan, dan hortikulturis.


Kecerdasan Otak
kecerdasan otak

Setiap orang mempunyai kedelapan kecerdasan  ini dan setiap hari menggunakannya dengan kombinasi yang berlainan dengan cara mereka masing-masing ada orang yang unggul dalam kecerdasan tertentu, sementara yang lain mengalami kesulitan dalam berbagai kecerdasan, tapi kebanyakan dari kita berada di tengah-tengah. Kita mempunyai satu atau lebih kecerdasan yang terasa mudah untuk kita ungkapkan, beberapa yang terasa sedang-sedang saja, dan satu atau lebih yang terasa sulit. 

Nah sahabat sampai disini dulu postingan kami, semoga bermanfaat bagi sahabat semua, dan bagi orang tua seemoga lebih membantu dalam memahami kemampuan kecerdasan otak yang dimiliki oleh anak.

baca juga :
Ciri-ciri Anak Hiperaktif
Mengatasi Anak Yang Hiperaktif
Soal Gambar Anak TK
Mengatasi Anak Susah Makan

Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »