Penyebab Stres

Penyebab Stress

edukasimateri - penyebab stres, Halo sahabat semua, artikel kali ini akan membahas tentang masalah yang sering dialami oleh tubuh kita, yaitu Stres. Stres merupakan kondisi ketegangan yang berpengaruh terhadap emosi, jalan pikiran, dan kondisi fisik seseorang. Stres ini bisa dialami oleh manusia baik itu anak bayi sampai orang tua.



Penyebab Stress
Penyebab Stresss

Stres dapat berakibat buruk bagi tubuh kita, baik itu jasmani maupun rohani. Stress dapat menurunkan stamina dan semangat tubuh kita. Jika Stres terlalu berat, dapat menurunkan kesadaran pikiran yang sering kita sebut dengan sakit jiwa. Agar kita terhindar dari stres, maka kita perlu mengetahui penyebab yang akan menimbulkan stres. Berikut ini sedikit ulasan mengenai penyebab stres yang perlu kita ketahui :

1. Tidak senang dalam pekerjaan
     Pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat kita, keinginan atau cita-cita, bisa menjadi salah satu dari penyebab stres. Jika kita tidak senang dalam pekerjaan, maka membuat kita akan tertekan. Hal ini juga sering terjadi jika pekerjaan yang kita lakukan tidak sesuai dengan prinsip kita atau terjadi ketidakadilan dalam pekerjaan. Orang yang tidak bisa mengatasi tekanan ini lebih cenderung mudah stres daripada orang yang mempunyai ketahanan mental yang tinggi.

Penyebab Stress
banyak pekerjaan

2. Tekanan Hidup
Tekenan hidup yang tinggi dapat juga menimbulkan stres, diantaranya adalah:
     a. Kematian orang yang dicintai
     Kematian adalah hal yang tidak bisa kita hindari, kematian yang tiba-tiba akan membuat orang      yang ditinggalkan menjadi sangat terpukul. Jika tidak kuat dalam menerima kenyataan, maka bisa membuat depresi. 


Penyebab Stress
kematian

     b. Perceraian
     Perceraian dengan orang yang kita cintai bisa membuat pasangan yang lebih mencintai pasangannya menjadi depresi dan akhirnya stres. Apalagi jika pasangan tersebut telah bersama dalam waktu yang lama. Perpisahan memanglah sangat menyakitkan, apalagi jika perpisahan tersebut di latar belakangi karena sebuah penghianatan.

Penyebab Stress
perceraian

     c. Kehilangan Pekerjaan
     Kehilangan pekerjaan yang tiba-tiba dapat membuat orang stres, karena berdampak pada kebutuhan ekonomi yang harus dicukupi. Bagi orang yang sudah berkeluarga sangat berdampak besar bagi kehidupan. Dari masalah inilah, maka akan timbul masalah baru dalam keluarga, dari pertengkaran karena kesulitan keuangan sampai pertengkaran karena depresi. Bahkan dalam masyarakat kita, ada beberapa orang yang memutuskan untuk bunuh diri.

Penyebab Stress
kehilangan pekerjaan

3. Tekanan Sosial
     a. Pindah ke rumah baru
         Jika sebuah keluarga pindah ke rumah baru, otomatis akan menemukan lingkungan yang baru juga. Lingkungan baru tersebut yang akan mempengaruhi kehidupan mereka, ada lingkungan yang sederhana dan ramah, tetapi adapula lingkungan yang kurang baik, misalkan lingkungan yang status ekonominya lebih tinggi. Jika tidak kuat dalam beradaptasi dengan lingkugan yang baru, maka akan berdampak pada emosional, sehingga membuat kita jadi cepat stress

Penyebab Stress
pindah rumah

     b. Tradisi/Kebiasaan Masyarakat
         Tradisi ini sering kita jumpai dalam masyarakat, misalkan saja istilah perawan tua bagi perempuan yang belum menikah padahal sudah berusian 30an. Bagi masyarakat, perempuan yang sudah berumur 30an tetapi belum menikah dianggapnya tidak laku. Hal tersebut bisa membuat beban mental bagi perempuan sehingga menjadi depresi.Tradisi ini biasanya masih dianut oleh masyarakat desa dibandingkan dengan masyarakat kota.

Penyebab Stress
tradisi masyarakat


4. Sakit
     Setiap manusia tidak ada yang menginginkan untuk sakit parah. Kondisi Sakit ini dapat menggangu tingkat emosional seseorang. Orang yang sakit cenderung lebih mudah stress, karena mereka tertekan jiwanya, mereka juga lebih cepat murung dan sensitif. 


Penyebab Stress
sakit


Sampai disini dulu ya sahabat semoga postingan diatas bermanfaat bagi sahabat semua. Apapun masalah yang dihadapi pasti ada jalan keluar, karena Allah memberi kita masalah/cobaan sebatas kemampuan hambanya. Tetap semangat dan selalu berpikiran positif.

baca juga :
Cara Mengatasi Stress
Cara Allah Mengabulkan Doa 
Mengurangi Gula Darah
Haid Tidak Teratur

Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »