Menangani dan Mencegah PCOS

Menangani dan Mencegah PCOS

 edukasimateri - menangani dan mencegah PCOS, Sahabat semua, sehubungan dengan postingan-postingan kami yang lain, yang membahas tentang PCOS, dalam postingan kali ini kami akan membahasa tentang cara menangani dan mencegah PCOS.
Menangani dan Mencegah PCOS
PCOS - www.mayoclinic.org


Sebuah penyakit lebih baik dicegah sebelum datang, karena pencegahan lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, dalam postingan kali ini kami memberikan sedikit penjelasan mengenai cara mencegah dan menangani PCOS.

1. Jaga berat tubuh tetap normal 
     Berat badan tubuh yang normal akan membuat metabolisme tubuh berjalan seimbang, sehingga penyakit juga akan enggan untuk singgah ke dalam tubuh kita. Dengan tubuh yang seimbang, akan membuat tubuh kita terasa ringan shingga kita lebih semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

 
Menangani dan Mencegah PCOS
berat badan ideal



2. Makan secukupnya
     Mengkonsumsi makanan yang secukupnya setiap hari, terutama makanan yang mengandung gizi seimbang, akan membuat tubuh kita menjadi sehat. Dengan mengkonsumsi makanan yang cukup, maka akan membuat tubuh kita tidak berlebih terhadap zat tertentu.

Menangani dan Mencegah PCOS
makanan sehat


3. Olahraga secara rutin
     Melakukan olah raga secara rutin setiap hari, selain dapat membuat tubuh kita menjadi sehat, dapat juga memperlancar metabolisme dalam tubuh kita.

Menangani dan Mencegah PCOS
Olahraga rutin
 
4. Hindari konsumsi gula secara berlebihan
     Tubuh penderita PCOS cenderung memproduksi insulin secara berlebihan. Oleh karena itu, bagi penderita PCOS sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi gula berlebih. Baca juga mengurangi gula darah.

Menangani dan Mencegah PCOS
Hindari gula

Adakah Obatnya ?

     Selama ini belum ditemukan obat untuk PCOS. Yang bisa dilakukan oleh dokter adalah mencegah agar tidak terjadi masalah yang lebih rumit. Usaha yang dokter lakukan diantaranya :

1.  Menggunakan pil KB
     Pil KB dapat membantu penderita mendapatkan haid secara teratur sesuai siklus, mengurangi kadar hoormon androgen yang berlebihan, dan dapat membersihkan jerawat. Namun pemakaian pil KB harus seizin dokter.

Menangani dan Mencegah PCOS


2. Laparoskopi
     Laparoskopi adalah sebuah operasi yang dilakukan dengan cara membuat irisan sedikit di bawah pusar, lalu dari irisan kecil itu dimasukkan sebuah alat seperti teleskop ke dalam perut. Selama laparoskopi, dokter akan menusuk ovarium tersebut dengan jarum kecil yang mengandung arus listrik untuk menghancurkan kista-kista kecil dalam ovarium.

Ilustrasi operasi laparoskopi - www.pasiensehat.com

Demikian sahabat, ulasan tentang cara menangani dan mencegah PCOS, semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Baca juga :

Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »